A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Only variable references should be returned by reference

Filename: core/Common.php

Line Number: 239

POSYANTEK MINA TANI

Februari 08

Mesin Panen Garam Temuan Warga Pati Raih Penghargaan Nasional

Diposting Oleh jarwo | Kategori Teknologi

Pos Pelayanan Teknologi Tepat Guna (Posyantek) Mina Tani mendapat penghargaan dalam lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) 2016. Penghargaan ini diberikan untuk temuan Mesin Panen Garam Rakyat (Pagrak).

Menurut Ketua Posyantek Mina Tani Sujarwi, ide pembuatan pagrak bermula dari sulitnya petani saat memanen garam. “Sudah proses panen lama, petani garam juga harus terpapar terik matahari. Kasihan melihatnya,” ujar Sujarwi, mengutip laman patikab.go.id, Rabu 26 Oktober 2016.

Cara memanen garam yang masih tradisional memotivasinya untuk membuat alat panen garam dengan produksi biaya yang rendah. Mesin ini juga dilengkapi dengan penerangan sehingga petani juga dapat memanen garam pada malam hari agar tidak terpapar sinar matahari langsung.

“Pagrak memiliki banyak keunggulan. Selain dapat digunakan pada malam hari, mesin ini juga bisa untuk pemadatan lokasi meja garam. Selain itu alat panen ini juga ekonomis, nyaman digunakan, serta tidak merusak lingkungan," kata pria yang juga menjabat Sekjen Forum Komunikasi Posyantek Nusantara ini.

Untuk melengkapi prosedur lomba, Sujarwi tengah mempersiapkan presentasinya di Jakarta untuk 26 Oktober 2016 nanti. Selanjutnya, penyerahan hadiah akan diberikan saat puncak acara TTG yang akan digelar pada 22-26 November 2016 di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Sementara itu, menurut Kabid Pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) dan Teknologi Tepat Guna (TTG) Bapermades Kabupaten Pati Rinda Ardhiany menyebutkan, prestasi Posyantek Mina Tani patut diapresiasi. Sebab, TTG merupakan inovasi berbasis teknologi yang selain murah juga mudah digunakan.

“Ini karena TTG adalah alat berbasis teknologi yang diperuntukkan bagi masyarakat awam, seperti petani dan peternak. Jadi memang benar-benar dibutuhkan masyarakat dan belum pernah ada,” ujarnya.

Hingga kini Posyantek Mina Tani telah berhasil menghimpun sejumlah UKM, antara lain kelompok usaha criping barokah Desa Wedarijaksa dan Desa Bumiayu, kelompok usaha susu kedelai Desa Wedarijaksa, kelompok usaha pengolahan bandeng Desa Bumiayu dan Desa Tluwuk, serta tujuh kelompok usaha lainnya.

Dikutip dari: https://www.otonomi.co.id/news/mesin-panen-garam-temuan-posyantek-pati-meraih-penghargaan-nasional-1610254.html

      Bookmark and Share